Oleh: fansmaniac | Agustus 26, 2009

Tip dan Trik Membuat Undangan Sendiri

Pernikahan, tentunya ini sebuah moment yang nggak mungkin dilupakan bagi semua orang (paling lupanya kalo udah berantem lalu cerai ;p). Apalagi bagi yang sudah lama menjalin hubungan alias pacaran, pernikahan merupakan suatu proses penyatuan cinta yang sakral bagi semua orang. Namun, dibalik kebahagiaan dan penantian itu ternyata menikah itu tidak semudah yang dipikirkan (terutama bagi yang ingin acara nikahnya berlangsung baik, bukan asal nikah lho… apalagi nikah siri..). Apa yang dipikirkan ? tentunya masalah keuangan… biaya konsumsi, biaya rias pengantin, bajunya, antarannya, hiburannya, undangan, souvenir, de el el. Pokoke banyak duit deh… Nah, ada solusi yang mungkin bisa dicoba terutama masalah pembuatan kartu/surat undangan pernikahan. Kalo seumpamanya kita ke percetakan atau tukang sablon tentunya untuk mendapatkan undangan yang bagus bisa berkisar antara Rp. 2.000 s.d. Rp. 10.000 atau lebih dari itu. Kalo seumpamanya undangan kita 500 orang dan kita pesan yang harga Rp. 2.000 berarti kita harus merogoh sampai Rp. 1.000.000 hanya untuk undangannya doank, belum yang lain. Bagi yang duitnya pas-pasan tentunya kalo bisa seirit-iritnya tul gak? Ada sedikit solusi buat anda yang punya komputer dan printer dirumah, modalnya cuma printer dan kertas undangan.. 1 set undangan terdiri dari :

  1. Kertas undangan, bisa didapat di agen blanko undangan.. banyak pilihan kok dari yang sedang ampe yg bagus harganya mulai dari Rp. 500 sampai Rp. 1.100 untuk yang model agak bagusan, kalo yang bagus banget bisa diatas Rp. 1.800… bedanya disini anda tidak terkena biaya sablon atau cetak. Anggap saja yang harga Rp.1.100 kalo dipercetakan atau sablon bisa jadi Rp. 2.500 (karena ditambah ongkos atau upah)
  2. Plastik undangan, biasanya sang agen menawarkan plastik ini setiap kita membeli blanko undangan. Banyak ukuran dan harganya terjangkau tergantung besar dan ukurannya. yah sekitar Rp. 35 gitu perlembarnya
  3. Stiker nama, digunakan untuk tempelan nama undangan. Di toko buku juga ada jual, di agen biasanya lebih murah bisa dibawah Rp. 10.000 per bungkusnya (isi 120 stiker) Setelah bahan tersebut kita beli, tinggal anda cetak diprinter.

Program yang bisa dipake untuk setting cetaknya diantaranya Corel Draw, PageMaker, atau Microsoft Word juga bisa. Jangan lupa blanko undangannya dibeli lebih dari yang dibutuhkan, misalnya mau cetak 200 lembar maka belilah sekitar 205 lembar karena kita harus uji coba biar pas dulu. Bila perlu cetak dulu dikertas biasa kemudian cocokkan posisinya dengan blanko undangan.

Untuk mempermudah, pilihlah blanko undangan yang tidak ada motif bolong2nya karena biasanya suka nyangkut diprinter. Posisi kertas di printer juga perlu diperhatikan, jangan sampe terbalik ngeprintnya. Kalo settingannya sudah kita paskan ya tinggal cetak semua sampe selesai, kita juga bisa masukin gambar kita kedalam undangan warnanya juga bisa warna warni karena pake printer. Nah, cukup simpel dan unik kan?? biasanya untuk pertama kali suka salah2, tapi nggak apa setidaknya kita bisa atur sesuai keinginan kita. Untuk kawan2 yang tertarik bisa pesan melalui :

e-mail : malianury.grafiti@gmail.com
Telp/SMS/Whatsapp/Line : 0897 3430 234 (Suwanto)

Selamat mencoba yah?

Iklan

Responses

  1. hai, posting yang menarik, sorry numpang thread comment ini sbg salam kenal… saya Agus Suhanto


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: