Oleh: fansmaniac | Maret 27, 2017

Tips Mencetak Undangan Sendiri

cetak undangan murah

Bagi anda yang minim budget saat akan melaksanakan pernikahan mungkin akan terfikir solusi untuk mencetak undangan sendiri, meski sederhana namun rasanya lebih puas dan bisa menyesuaikan keadaan keuangan. Apa saja yang perlu anda persiapkan agar bisa mencetak undangan sendiri ? Berikut beberapa tips nya :

  1. Pastikan anda pandai mendesain undangan, aduh bagaimana kalo saya cuma bisa pakai MS Word ? Tidak masalah, anda bisa mengkreasikan undangan anda dengan aplikasi apa saja meski menggunakan aplikasi biasa untuk mengetik.  Desain grafis itu tidak mesti harus menggunakan aplikasi dahsyat seperti Photoshop tetapi apa saja yang penting anda menguasai toh anda bisa berkreasi sendiri bukan ?
  2. Mengerti konsep ukuran kertas,  konsepnya gampang kok misalnya kertas yang banyak dijual di pasaran adalah ukuran A4 atau F4 maka anda tinggal atur apakah undangan mau A4 dilipat dua atau A4 dipotong dua, atau mungkin A4 dibagi tiga.  Semua itu tergantung anggaran keuangan anda, akan lebih hemat bila ukurannya kecil-kecil saja.
  3. Menggunakan printer yang tepat, untuk saat ini hampir semua printer inkjet bisa digunakan untuk mencetak warna dengan hasil yang baik.  Salah satu printer yang direkomendasikan diantaranya seperti merk Epson L120, Epson L310 atau Epson L800.  Untuk merk Canon bisa G1000, atau kerabatnya Canon Pixma.  Untuk hasil yang lebih baik gunakan kualitas High namun agak lama, kalau mau lebih cepat gunakan kualitas standard tapi hasilnya agak kurang prima dan gampang bergaris-garis kalau Full Colour.
  4. Mengetahui jenis kertas yang bisa digunakan pada printer inkjet,  kertas yang bisa digunakan untuk printer rumahan pastinya kertas yang bisa menyerap tinta Dye Base atau tinta biasa yang dijual dipasaran.  Diantaranya seperti kertas HVS, kertas BC Pindo, kertas glossy paper, atau kertas matte paper.  Semakin bagus kertasnya semakin mahal harganya tetapi kualitasnya kayak buatan pabrik percetakan 😀
  5. Pastikan tidak ada data yang berubah, jangan sampai anda berkali-kali mencetak hanya karena berubah tanggal atau pengetikan yang salah.. ini fatal karena nanti anda akan kerja dua kali.  Cetak dulu satu untuk contoh kemudian baca baik-baik untuk menghindari kesalahan pengetikan atau ukuran.

Demikian beberapa tips yang perlu anda ketahui untuk mencetak undangan sendiri.  Silahkan anda berfikir sendiri apakah lebih efektif mencetak sendiri atau menyerahkannya pada jasa percetakan undangan.  Sekian

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: